Friday, September 05, 2014

Vous voulez manger qui?

Makan.

Haha, jadi kemarin siang memutuskan untuk ke kota agak pagian, sekitar jam 11. Kenapa pagi? karena kebetulan mau ke pasar buat beli beberapa sayur dan buah. Pasar di Jeane d'arc itu adalah pasar yang ada setiap hari,kecuali hari senin, di pagi hari, jadi dari jam 8 sampai jam 1an.

Kalo lagi ga males bangun pagi, benarnya enak banget ke pasar ini. Harga buah dan sayurnya lebih murah dari mana-mana. Dan senangnya di Prancis ini, gak maksain deh stok sayur dan buahnya, baik di pasar atau di supermarket. Yang ada disana yah yang lagi musimnya. Kayak 2 bulan yang lalu, buah yang selalu musim adalah buah cherry dan peache. Nah sekarang, mulai deh buah anggur dan melon dimana-mana. 1 kg anggur harganya 1.5 Euro. Uh yum... Favorit aku sebnarnya myrtille atau blueberry. 2 bulan yang lalu masih susah ditemuinnya, eh sekarang udah mulai banyak dan rasanya juga lebih manis. Pas kemarin ke inggris, ternyata mereka lebih suka buah berry2an.. jadinya namanya blueberry, blackberry itu dimana2 dan lebih murah dari Prancis. Ah, yum, buah enak.

Anyway, kelar dari pasar, laper melanda. Karena udah dikota lihat2 disana, apa yang mau dimakan. Liat ada yang antri panjang, pas aku liatin menunya, eh ternyata Salad Complet. Mana 7 euro buat salad lagi. Hahaha Harus yah orang Prancis, tergila2 sama salad buat menu dejuner  (makan siangnya) :))

Akhirnya nyasar ke salah satu  gerai Brioche DorĂ©e buat makan pain au bouef nya dia, jadi modelnya burger tapi pake roti baguette :D Yang penting, roti panas, bukan roti dingin :)).

Malamnya, setelah bertemu dengan seseorang yang membeli raket bekas kami, kami janjian dengan teman Vietnam saya untuk menjajal restaurant cina baru di Toulouse. Lokasinya di dekat metro universite mirail. Sampai sana, teman saya mewanti-wanti kalau restaurant ini pelayannya ga bisa bahasa Prancis ataupun Inggris. Hanya bisa bahasa Cina. Tapi karena fakta itulah, rasa restaurant ini authentic. Disana kami memesan 3 menu, soup bebek, ayam ala hainan tapi pakai saus peking dan spicy daging. Sumpah, enak bangeet.. :D Dan untuk menu yang cukup besar itu kami hanya membayar 10 euro per orangnya. :) senang sekali deh.

Ok, fast forward ke hari ini. Hari ini jatahnya mencuci.. Haha.. ga seru yah. Di appartemen temansaya ini, kebetulan fasilitas laverie nya ada di lantai dasar gedung dia. Cukup simple sih, hanya dimasuk2in saja, bayar di mesinnya dan tunggu 40 menit. Kelar mencuci, saya pergi menemui Deni di Auchan. Auchan ini supermarket favorit anak-anak pelajar disini. Karena pertama, murah. Kedua, ada satu rak yang isinya daging2 halal.. Dan tidak hanya daging sapi dan ayam seperti biasa yang bisa kita temukan di Boucheri Halal, tapi juga ada daging2 'lucu' lainnya seperti daging bebek. Oh ya, aku udah pernah bilang belum yah, kalau makanan favorit aku di region France Soud-Oest ini adalah Magret du Canard? Uh, fillet bebek berpadu dengan sausnya. Favorit banget deh.. :)

Okeh.. sekian dulu hari ini.  Sehabis ini kita juga mau pergi ke rumah temen kita untuk makan2 juga :)).

Besok kita mau ke... Biarritz! :D Yeay, Pantai! :) mudah2an cuacanya juga bersahabat...

No comments: