Thursday, November 22, 2012

Bahasa Perancis Survival


Saya dan suami adalah salah satu bukti nyata kalau sekolah di Perancis tidak harus bisa bahasanya. :D. Meskipun banyak momen dimana kita lagi pergi berdua-saja dan kita sok-sok-an pakai bahasa perancis, terus kemudian bingung liat-liatan ketika mereka ngomong pakai bahasa perancis yang agak advance dikit dan kita ga ngerti. :))

Intinya sih, mereka tahu dari bahasa kita ngomong kalau kita ga bisa bahasa perancis, dan kalau kita sudah 'clueless' mereka akan 'terpaksa mencoba' memakai bahasa inggris kok, atau bahasa tarzan lah paling gak :p  but then... setelah 2 bulan untuk saya dan 1 tahun untuk suami.. kami survived dengan bantuan beberapa kosakata perancis yang gampil tapi membantu :p

Jadi, buat yang mau travelling  di perancis.. berikut bahasa perancis survival yang sering kami gunakan : :)

- Bonjour  ( pronounce : bongzu) = selamat pagi
- Bonsoir ( p : bongsoa ) = selamat malam (setelah jam 5 sore)
nb: Penting buat orang Perancis untuk selalu mengucapkan kedua kata ini ketika bertemu pertama kali, ketika mau belanja, atau ketika bertemu supir mau masuk bus
- au revoir (p : aufwa ) = sampai bertemu lagi
nb: Biasanya sehabis belanja atau keluar bus kita mengucapkan ini juga.
- merci ( p : mersi ) = terima kasih
- ' Je veux ca... atau Je voudrais ca' ( p : ze ve atau ze vudrai) = saya ingin itu (sambil nunjuk)
nb. ini andalan kalau lagi mau belanja dan ga tau nama yg disebut itu apa (biasanya terjadi kalau mau beli daging :)) ) oh ya, pastikan menunjuknya ke arah yang benar yah.. jadi biasanya mereka akan mengkonfirmasikan kembali barang yang dimaksud dengan ' Ca??' (intonasi agak melengking sedikit), kalau memang benar anggukan kepala sambil bilang 'Oui' (p : wi ) kalau salah yah tinggal bilang 'Non' (p: nong)
- Pardon ( p : pardong)/ excusez-moi  = permisi
nb. kalau gak sengaja nyenggol orang atau mau ngusir orang yang jalan lambat di depan, pastikan gunakan kata-kata ini yah. Bangsa ini termasuk bangsa yang peduli sopan santun, jadi kata2 seperti ini sangat penting untuk digunakan.
- Desolee, je parle pas francaise = maaf, saya tidak berbicara bahasa perancis
nb. the words explains it all. :D Dan berguna untuk membuat mereka berhenti bicara :D
- C'est bon / c'est pas grave (p : se bong, se pa graf) = it's okay
nb. kalau misalkan orang ga sengaja menyenggol dan dia kemudian bilang, 'pardon / desolee' kita bisa jawab dengan bilang kata2 tsb. Sekali lagi, sopan santun :)
-Ca cout combien (p: sa kut kombiyang) = berapa harganya
- C'est tout (p: se tu )
= itu saja
- attantion (p : atangsiong) = awas / hati-hati

Kalau tadi kata-kata survival yang bisa kita  gunakan, berikut, aku juga mencoba meng-list, kata-kata yang berguna untuk diketahui artinya.

- sortie = keluar
nb. kalau lagi di dalam metro, cari kata sortie berarti jalan keluar kita. Di Paris dengan metro yang super njelimet, mengerti kata sortie itu sangat diperlukan :D
- arret demande = sign di dalam bus yang kira2 artinya 'stop'
nb. kalau di dalam bus, kita harus menekan tombol itu agar busnya mau berhenti di halte yang kita tuju.
- porchain station = next stasiun
nb. biasanya di dalam metro atau bus  ada layar yang menampilkan stasiun selanjutnya apa.
-billet = tiket
-sac = tas
-cahier = kasi
r

TETAPI, yang paling utama disini adalah SENYUM sebelum mulai berbicara. Jadi, kalau pakai ekpresi wajah urutan kalau saya mau berbelanja seperti ini.

 Bonjour! (nada naik) *senyum* Je veux un croissant, si'l vous plait.. *tetep senyum*

and it works :)

tapi tetap yah.. dimana-mana memang sebaiknya kita memahami bahasa lokal tempat kita berada untuk memudahkan hidup kita juga nantinya. Kalau untuk saya dan suami sekarang ini, merasa beruntung mempunyai teman-teman yang bisa berbahasa perancis dan senang hati membantu kami menterjemahkan bahasa perancis. *peluksatusatu.

1 comment: