Thursday, September 04, 2014

Rentree...


Toulouse hari rabu kemarin sudah mulai ramai dengan anak2 kuliah kembali..

Toulouse adalah kota pelajar. Di bulan awal september dengan matahari yang masih cerah ceria seperti ini, ga heran kalau Jean jaures dan capitol kemarin ramainya luar biasa.

Dimana-mana terlihat mahasiswa yang sedang diplonco. Plonnco disini lucu2an saja, jadi pelajar2 itu memakai kantong hitam sampah dan tangan mereka diikat dengan selotip berdua2 dan harus membagikan kue. Hanya untuk becanda sajah.

Tujuan kemarin saya mau ke kantor pos, dan kebetulan karena bank saya juga banknya kantor pos, saya mau bertanya bagaimana cara menutup bank tersebut. Kantor pos disini masih bagus dan berjaya loh. Ini juga dikarenakan hanya dia satu2nya perusahaan untuk mengirim barang, tidak ada Tiki dan lain2.. Dan juga, surat melalui pos juga masih berjalan. Banyak sekali dokumen yang harus dikirim melalui pos, seperti tagihan dan surat2 penting.

Kelar dari kantor pos, saya berjalan2 di kota, kemudian saya juga akhirnya pergi mengunjungi Vieaux Museum, sebuah museum tentang Toulouse yang sepertinya bukan milik museum pemmerintah. Harga masuknya hanya 1 E (harga reduit etudiant).Masuk2 saya diterima oleh sejumlah nenek2 dan kakek2. Rupanya museum ini dikelola oleh sebuah yayasan yang menyumbang rumahnya untuk dijadikan museum, dan sama sekali tidak terlihat anak muda yang dipakai untuk mengelola museum ini. Museumnya hanya 1 lantai, disana banyak sekali lukisan Toulouse di masa awal2nya. Menceritakan kehidupan Toulouse yang kegiatannya dulu selalu ada di sekitar sungai Garrone. Dulu di daurad, tepi sungai Garrone yang sekarang terkanal dengan anak2 muda hang-out, adalah tempat untuk mencuci baju para Toulousains..

Sampai disana ternyata sedang ada group yang memakai guide, sayangnya menggunakan bahasa Prancis, sehingga saya memutuskan untuk berkeliling sendiri, sambil membawa satu map guide bahasa Inggris. Tapi sepertinya keputusan saya tepat, karena guide itu satu ruangan bisa sekitar 20 menit sendiri. Saya sudah selesai mengunjungi 6 ruangan, mereka baru di ruangan ke 3. :D

Kelar dari situ saya kembali ke rumah dan malamnya mengunjungi CIAS untuk mengambil beberapa barang yang masih ada di kamar teman saya. Ah, CIAS.. :)


No comments: