Wednesday, September 03, 2014

2 weeks from now..


I'll be returning back to Indonesia for good...

vouch-etes content? kata istri Proffesor Deni mengenai kepulangan kami ke Indonesia. Tidak terasa yah... 2 tahun sudah bagi saya, dan 3 tahun sudah bagi Deni. Despite this and that, it was such a blast.

Dan aku sekarang mencoba untuk blog daily sampai 2 minggu lagi, as a 'souvenir' for my life with France people here..

Dan seperti biasa di blog saya, bahasanya campur aduk, mix english indonesia yang juga campur aduk.Hehehe.. 

Day 0 - Yesterday, 2 September 2014

Hari ke-2 saya pindah ngungsi ke rumah teman saya di Colonel de roche. Hehehe, jadi karena kontrak saya dengan residence CIAS sudah berakhir, dan kebetulan teman saya, Arba, masih di Indonesia, saya meminta ijin untuk tinggal di rumah sampai 2 minggu ke depan. Residence dia ini lebih dekat ke metro Faculte de Pharmacie, dan halte bus nya pun benar2 di depan residence nya. Beda dengan residence CIAS yang haltenya masih ada sekitar 10 menit jalan lagi. :p

Dengan bantuan beberapa teman, akhirnya pas saat etat de lieau nya rumah CIAS yang sbelumnya super penuh itu, bisa bersih juga :)). Seperti biasa, beberapa barang kami jual, beberapa barang kami berikan kepada teman2 yang masih berjuang disini. :)

Kemarin, setelah settled beberapa barang dan juga beli beberapa bahan makanan untuk hidup disini, akhirnya saya bisa berjalan keluar lagi. Kali ini saya berjanji untuk berenang bersama Uyen, teman Vietnam saya :D. Karena Leo Lagrande piscine yang biasa kami datangi sedang tutup selama musim panas, kami memilih untuk pergi ke Alex Jany piscine di Argoulets.
Saya mau juga menjelaskan ah, bagaimana kolam renang disini, yang saya bilang berbeda, bahkan dengan belanda :)))

Pertama, disini kita diharuskan memakai bonnet, atau swimming cap. Kemudian harga piscine publik juga termasuk murah meriah. kemarin saya bayar hanya 1.90 E. Begitu masuk setelah menscan tiket, kami segera pergi ke box penitipan barang, kemudian masuk kedalam sebuah bilik, dimana satu pintunya ke arah keluar, satu pintunya langsung jalan kearah kolam renang. Gimana ya jelasinnya? ini unik karena setiap kita mau keluar atau masuk kita harus lewat bilik itu. Dan kalau misalkan biliknya penuh padahal kita sudah siap pergi, kita harus tunggu sampai ada bilik yang kosong, buat kita jalan keluar.

Dan setelah siap dan keluar dari bilik, kita diharuskan untuk shower dan membersihkan badan kita dengan sabun. Setelah selesai, kita harus lewat satu jalan yang ada air untuk membasahi badan, baru sampai ke kolamnya.

Kolam, biasanya terbagi dua, satu buat yang petit bassin, biasanya buat anak2 kecil, dan yang baru belajar berenang, atau yang  hanya mau bermain air. Grande bassin, itu buat yang mau berenang cepat tanpa henti. Grand bassin ini dibagi per line seperti kolam renang olimpiade dan kemudian kita harus berenang dengan tertib di jalurnya. Entah kenapa di Alex Jany, grand bassin nya 3 derajat lebih dingin dibanding petit bassin. Jadi ga enak berenang dingin2 gitu. Dan karena saya menemani dan juga mengajari teman saya yang sedang belajar berenang, saya banyak stay di petit bassin (petit bassin sendiri tingginya 1.3 m, sementara Grand bassin 2.0 m)

Uniknya berenang di negara eropa , kebanyakan kolam renang di dalam gedung itu tutup ketika musim panas, dan kolam renang yang diluar gedung buka hanya selama musim panas. Untuk baju renang, di leo lagrande agak lebih ketat dibanding Alex Jany, di leo, baju 2 pieces or bikini agak tidak diperbolehkan, kadang2 pun ditegur untuk lain kali memakai one piece suit saja. di Alex Jany, saya liat banyak yang pakai bikini, karena mereka habis itu biasanya berjemur di halaman kolam renang :)) dan biasa saja.

Sehabis berenang dan belanja sedikit daging di carrefour Compans, karena di carrefur compans itu menjual daging Halal juga, akhirnya sampe rumah dan bisa memasak biasa lagi setelah dari kemarin numpang makan di rumah Winda :)

Dan pagi ini, akhirnya Alhamdullilah,, tiket Deni untuk pulang sudah diisued juga (berbarengan dengan saya yang sudah dibeli dr beberapa hari yang lalu).

Mudah2an semuanya berjalan lancar... Amin..

No comments: