Tuesday, November 13, 2007

belanda-minded

as it crossed in my mind,

tinggal 4 tahun lebih dikit di belanda, kadang buat aku selalu compare negara lain ama belanda, termasuk dan terutama yah negara tanah airku sendiri, Indonesia.

kayaknya ga sedikit seh ak blg, coba indo kyk belanda yah, coba sistem ini kyk belanda yah, coba tehknologi ini kyk belanda yah...

i know, i know, orang2 indonesia bilang ini mungkin annoying, karena kalo kita compare indo belanda ya jelas beda banget. I mean, beda banget.

Tinggal di Belanda, buat kadang2 ak ngerasa cara pikir mereka berbeda dengan aku. Aku blg mereka kadang mikir ga sedewasa aku. ga sematang cara pikir yg sudah ditempa di belanda.

setelah dipikir, how arrogant me, and how selfish me. A selfish one.

Aku tau seseorang yang sudah terlalu lama tinggal di belanda, dan merasa belanda adalah semuanya benar dan dia bilang, indonesia harus mencontoh semua hal (politic, governement) yang dilakukan belanda. Indonesia harus mencontoh bagaimana negara kecil ini menjadi negara maju. Indonesia harus mencontek semuanya.and then i was thinking, how selfish he is.

Apakah belanda negri yg paling hebat? Negri yang paling maju dan semuanya berjalan lancar? Nggak juga kan...

Bagaimana bisa semua hal yg dilakukan belanda bisa dicontek ke Indonesia. I mean, beda culture, lingkungan, people, cuaca, makanan. Bukannya semua hal berpengaruh yah? Belum tentu juga hal yg berhasil di belanda, bisa berhasil di Indo.

and now, i try to reduce my belanda-minded bit, try to understand my culture, and try to make a new sights ideas based on my own culture with nl knowledge.

hey, bermimpi boleh aja, kali aja aku jadi mentri media Indonesia :D *erm, buat baru mentri media hihihihi*

1 comment:

Anonymous said...

kalo boleh menengok ke masa lalu, bangsa kita jadi kayak gini, Belanda juga turut "ikut andil" lo..

bayangin aja, 350 tahun begeri kita dijajah dan dibodohkan..

bila boleh berandai-andai, bila saja negeri kita ndak dijajah negara mana pun, negeri kita bisa jadi negara yg maju..

saya berpikir kek gini setelah melihat hasil kebudayaan kita di masa lampau.. yah, katakanlah CANDI.

bayangkan saja, pegimana bangsa kita, dengan teknologi yg pegimana, bisa memotong batu dan menyusunnya denga presisi dan kokoh?

ah, ini sih hanya hasil "kesirikan" saya saja dan hanya mencoba menyalahkan masa lalu.

kita terbentuk sekarang ini adalah karena masa lalu dan masa kini.

ah, bagaimanapun keadaan negeriku, saya tetap bersyukur dan mencintai apa adanya.. :D

*otak lagi error maka bisa komen kek begini*