Friday, April 15, 2005

Sekolah Idaman
ost. lagu2 dari my music

Dari tadi, email pemberitahuan ada email baru terus bunyi di komputerku, ternyata dari milis PPI Amsterdam (agak kesel juga, soalnya ak berharap ada email dari salah satu perusahaan buat internhipku :P)
anyway, temanya menarik, soal sistem sekolah d indo, salah satu yg ngirim juga merujuk ke berita ini . salut buat orang yang rela masuk ke bisnis per-sekolah-an! tahu kan, bisnis sekolah bukan bisnis yang dalam 3 tahun modalnya bakal balik, pasti nombok-menombok itu terus ada. :(

ak sendiri langsung berpikir ke sekolah2 yang pernah aku ikutin, (fyi, dari sd-sma, ak dah ngerasain sekitar 5 sekolah d 3 tempat), sambil berpikir sekolah apa yang bener2 bagus menurut aku.

ga lama2 seh, ak langsung milih SD ku d banjarbaru, SD Sanjaya Putra sebagai sekolah favorit dan menurutku punya sistem beda dan menarik. Sebagai satu2nya SD katolik d Banjarbaru, yang mayoritas orang Islam, ga salah kan kalo ak bilang SD ini beda.
Padahal ak bukan kristen/katolik, tapi kenapa dulu ya ortu ku milih aku d SD katolik? ehm.. alasannya, dulu bapakku maunya masukin aku ke SD deket rumah, yang berarti deket komplek perusahaanya bapakku. Tapi bapakku menilai kalo ak masuk sana, ak bakal terlalu d manja (mengingat posisi bapakku saat itu, apa lagi Banjarbaru termasuk kota yang kecil).

Jadi, dia memasukkan ak ke sekolah katolik, yang notabene, biasanya lebih bagus dari SD negri (sekali lagi.... biasanya...).

dan, ak seneng bapakku masukin ak ke sana, walau cuman 3 tahun, ak kira SD itu bener2 bentuk sifat dasar aku, apalagi soal toleransi ama orang yang berbeda agama.
Sistem sekolah itu emang sama kayak sekolah lain, tapi cara guru yang ngajaarinnya itu yang beda. Karena murid dikit cuman sekitar 20 orang se kelas, sistem belajarnya bener2 ketat, kita duduk sendiri2, tanggung jawab sendiri-sendiri, tapi kelasnya Fun, guru2 gak segan2 buat melakukan pengajaran dengan barang fisika ,biology(kayak magnet, peraga bulan-bumi-matahari, dll) bahkan dulu ak kelas 4 SD, ak d suruh buat rangkaian lampu pararel. Well, walau sampai SMA ak selalu belajar rangkaian pararel ini, tapi pas SD lah ak bener2 buat sendiri, bukan cuman d suruh bayangin kayak pas ak SMA! pas kelas 6, ak d suruh buat baju (yg sekarang sudah benar2 lupa) dan taplak meja sendiri, seneng dan bangga ketika barang2 PKK itu dah berhasil ak buat.

Ada lagi yang menurut ak Fun banget, kalo anak2 sudah keliatan stuck dan bosan belajar, biasanya guruku bakal nyuruh kita buat bercocok tanam! jadi kita d bagi jadi 3 group dan setiap group bertanggung jawab ama lahan yang sudah d tentukan oleh guru kita, kita bisa nanam semua tanaman d sana. Sehabis project ini, anak2 begitu semangat buat menanam bunga dan lain2 d sekitar sekolah. Mungkin kita kayak kinda d kerjain guru-ku, tapi nyatanya anak2 seneng banget ngelakuin ini.

kinda fun, bermain dan belajar.

Saat2 stuck yang lain, guru kita buat kayak latihan quis buat anak2 yang mau ikut lomba cerdas cermat, jadi anak2 sekelas bantu anak2 yang mau ikut quis cerdas cermat (saya juga termasuk ikut quis lohh... :P, kalah seh tapinya). Selain itu, kadang2 anak2 kelas juga minta buat berhenti belajar buat latihan Drama buat perpisahan kelas! huahahahah,.. sampe suatu saat temenku yang minta itu d marahin ama guruku soalnya kita dah deket ama ebtanas :D.

helpful banget, kerjasama abis.

dan juga lumayan strickt.

Guruku ada yang ngasih peraturan kalo misalkan ulangan d bawah 6, kita d suruh push up ato loncat2, ato naik turun tangga.. kejam? iya seh, tapi kita toh selalu tau resikonya, jadi lebih ati2 kalo ngerjain tugas. kita d suruh buat buku jadwal yang mewajibkan buat belajar 3 jam sehari, dan d tulis apa yg kita pelajari, terus d tanda tangani orang tuanya... abis itu besoknya ama guru d tes apa yg udah kita pelajari, ato ada quis setiap hari, buat nguji apa yang udah kita pelajarin.
Di SD Sanjaya Banjarbaru, ak gak kenal ama yang namanya nyontek ato ngerjain PR d pagi hari karena lupa ngerjain PR kemarennya. Kalo memang tahu ada PR dan km baru tau pagi nya, kamu ga boleh ngerjain, ga adil, kata temen2.
Jadinya setiap malem, ak nelpon sahabatku , Lily Megawati, buat nanya PR. :D

jadi, ga mungkin kan ak nyontek pas SD ? *sayang.. perilaku ini hanya terjadi sampe SD, begitu SMP apalagi SMU, nyontek sudah bukan barang Haram! ...:D

Di antara satu kelas, ak islam sendiri, gimana rasanya? menyenangkan, lebih menyenangkan daripada pas aku jadi sekolah d tempat yang Islamnya banyak. Karena mereka menghormati aku banget pas aku puasa, mereka ga lupa ngasih ucapan selamat lebaran pas idul fitri, mereka ga mau makan or minum d depan ak pas ak puasa, mereka respek ama agamaku, dan itu juga buat ak belajar buat respek ama agama mereka.

emang seh, ak jadinya belajar agama Katolik, ak belajar doa Bapa Kami, Salam maria dan lain2, ak ikut berpartisipasi kalo d sekolah ada acara natal dan lain2..., bahkan nilai ebtanas agama katolik ku lebih tinggi daripada anak2 yang lain.
toh, itu ga buat ak jadi kehilangan ke-islam-an ku. Yang ak tau saat itu, pelajaran agama katolik itu sama aja kayak ak belajar IPA, IPS dan lain2. Hanya sebuah salah satu mata pelajaran.
Emang seh, akibatnya begitu SMP SMA, pelajaran agamaku , terutama memahami bahasa arab, ga gitu bagus, tapi toh ak belajar buat bertoleransi yang punya akibat lebih buat masa depanku :)

anyway, ini bukan soal SARA, ini cuman ngasih tau apa yg terjadi ama sistem sekolahku :D...

sayang sekali, ak sekarang dah bener2 kehilangan kontak ama guru2 SD ku, jadi ak ga tau apa yang terjadi d sekolahku sekarang. Aku nyoba nge search d google, tapi ga banyak ak ketahuin, kecuali berita bahwa sekolahku itu pernah d ancam kasus bom, pas musim2nya teroris ituh (eh, sekarang juga masih musim yah?).

Jadi, bagi yang termasuk alumni SD Sanjaya banjarbaru (pernah liat beberapa d friendster seh, tapi ak ga kenal dan sudah ga ingat)angkatan tahun 1997 dan tahu berita tentang d sana, kasih2 kabar yah... :D

good news from me, setelah ampir 8 tahun ak tinggalin Banjarbaru, Kalimantan Selatan, agustus nanti ak mau ke sana, sekalian pernikahannya kakakuu...
waaaa.... ak harap ak bisa melengok ke bekas SD ku lagi... :D
so so miss SD ku...:D

kusjes
*nyadar..nyadar..akhir2 ini ak rajin ngepost..panjang2 lagi :D

1 comment:

andri said...

Sanjaya (y)