Friday, January 30, 2009

Tinggal Bersama


Dari masuk kuliah, aku sudah tinggal berpisah dari orang tua (ngekos, istilahnya). 6 bulan pertama di Diemen, tinggal bareng sama dika, 1,5 tahun kemudia tinggal di arentkrijstraat bersama 5 orang lainnya, dan setengah tahun sekamar dengan mbak Citra, setahun kemudian sekamar sama mbak Indri. 6 bulan di Indonesia, tinggal sama kakak, balik lagi ke Belanda, tepatnya di Utrecht, tinggal sama kak Fedi & fam. Sisanya di Belanda aku tinggal di Uilenstede...

Balik ke Indo, begitu dapat kerja di Femina, aku tinggal di kos-kosan di Mampang.

* well, post ini sebenernya bukan untuk ngasih tau betapa seringnya aku pindahan sih -,- *

But anyway, setelah tinggal sendiri lebih dari 5 tahun, buat aku sadar tentang enak-nggaknya tinggal bersama dengan orang lain (yg bukan keluarga). Yang dulu di awal2 tahun, aku sama sekali ga mau tinggal sendiri tanpa orang yang aku kenal (kalau tinggal pengennya sama temen sendiri, ato di rumah kayak Arent yang banyak orang) sampai di tahun ke 4, aku memutuskan untuk di kamar sendiri, yang disekelilingnya adalah mahasiswa2 lain.... and i like it.

Makin dewasa, keinginan untuk punya kamar sendiri sangatlah besar, dan tahu kalau masih ada orang di luar kamar buat aku tenang.

Yang kadang menyebalkan, malah rumitnya tinggal bersama itu. Hal yang simpel aja deh... kayak bersihin dapur dan cuci piring, bisa jadi isu sensitif yang bisa menyulut pertengkaran. Dulu, aku sering jadi pelakunya (males cuci piring ^^) , begitu sudah makan asam garam seperti sekarang, aku bisa sebel banget liat cuciaan piring yang menumpuk di kosan....

Aku tau sih, mereka males, tapi kan annoying banget, apalagi barang2ku yang dipakai oleh mereka. Terus, di kosan juga ada anak ABG yang temen2nya selalu datang (dan berisik!) sampai jam 12 malem.

Masalah lain yang sering bikin berantem adalah pinjem2an peralatan (baju, piring, duit... dll) dari tetangga... Yang ada,sering seseorang yang pinjem barang orang lain tanpa izin, ato kemudiaan menjadi hak pilik pribadi... (btw, kalo ini aku juga pernah minjem cardigan dari Laura dan jadi hak milik sampai sekarang, sampe disindir2 sama dia.... :D :D )

Kalau dulu pas masih tinggal di Arent, masalah ambil2an makanan juga bisa jadi masalah tuh.. Bisa aja, tiba2 telur atau rotiku ilang... Atau kalau lagi malas masak dan liat mbak Indri masak, jadi sering 'minta' sama mbak Indri, padahal belum tentu mbak Indri rela kan ya.... :D
(kalo pas di Uilen seh sering di mintaiin sama mas Chauft :D heheheheh tapi aku ikhlas kok :D )

Intinya tinggal bersama sih, saling tenggang rasa aja sama penghuni yang lain dan juga jaga perasaan masing.....




1 comment:

Eunice said...

iya...dari pengin tinggal satu atep ama temen, jadi pengin sekamar sendiri, lama-lama jadi pengin punya flat ato rumah sendiri... hikz hikz.....
penginnya diriku cepet bs settle down, punya rumah sendiri, decor2 sendiri.... xD