Monday, November 27, 2006

Dove beauty campaign



Kampanye iklan Dove ini sudah termasuk lama, sejak tahun 2004 banyak yang memuji iklan ini.

Termasuk saya.

Konsep yang mereka buat bagus dan sangat 'manusiawi', mereka membuat ikatan emosional yang bisa menyentuh orang-orang yang melihatnya.

They called it: self esteem fund for real beauty.

Mereka memperlihatkan sebuah fakta bahwa:

What's the truth about beauty? Dove recently set out across 10 countries and interviewed 3,000 women to find out.

* Only 2% of these women describe themselves as “beautiful”
* About 3/4 of them rate their beauty as "average"
* Almost 1/2 of them think their weight is "too high"


Belum lagi ditambah kenyataan anak-anak ABG yg berlomba-lomba me'rubah' dirinya menjadi cantik. Untuk menyikapi itu, Dove punya program yang bernama Uniqely me! yang sudah berjalan dari tahun 2002, mungkin iklan diatas sebagai salah satunya...

saya sendiri beberapa waktu yg lalu sempat mengalami krisis 'apakah diri saya menarik ' yang saya tanyakan dan sempat buat down. Tapi mendengar seseorang yang selalu berkata 'Honey, you're beautiful' mententramkan hati saya..

Saya sendiri tidak tahu apa saya cantik/menarik ato tidak untuk orang lain. Tetapi sepertinya kalo mengkhawatirkan timbangan terus menerus, hidup saya takkan tenang.

Di Indonesia, kampanye yang saya tau se'nada' ama ini adalah iklan online di kompas.com yang memperlihatkan beberapa wanita 'normal' (bukan yg wajah setengah bule, rambut panjang hitam lurus, badan kurus, kulit putih) yang sepertinya adalah sahabat. programnnya sendiri namanya 'real beauty friends' dengan slogan 'Ekspresikan diri Anda apa adanya' dan juga mengajak yang lihat untuk ikut lomba foto sahabat tersebut.

Tetapi sayangnya, ketika kalian klik 'ungkap rahasia mereka' maka munculah produk-produk Dove.

hmmmm...

kemana ajakan ttg self-esteem fund seperti iklan di negri lain itu???? Bodohnya saya yang mengira itu pesan utama mereka. Apa mereka masih takut kehilangan pembelinya kalo tidak memakai model yang cantik setengah bule itu? (merujuk sinis iklan short movie nya lux *dengan gadis2 ekstravaganzanya, walo masih salut juga dengan strategi naikkin image dia dari sabun untuk kalangan biasa jadi untuk kalangan 'berkelas')

Tidak tau seh perkembangan iklan Dove di indo sekarang gimana, tetapi saya menunggu dengan penuh harap ada iklan yan bisa mententramkan hati gadis-gadis kecil, yang membuat mereka tidak usah takut akan 'perbedaan' mereka.

Tidak perlulah mereka takut pada jerawat yg baru tumbuh,atau membenci rambut keriting keriwil mereka,atau membenci kulit hitam mereka, atau tidak perlu takut untuk makan makanan berlemak, tidak perlu malu untuk memakai kacamata dan tidak perlu berpikiran tidak ikut ke 'party' berarti tidak keren.

beauty is unique :)

No comments: