Wednesday, November 22, 2006

burqa: etika atau moral

locatin: di kelas Ethics

partai VVD mendukung pelarangan burqa di Belanda.

Etik: suatu aturan yang di-amini- oleh society
Moral: suatu aturan yang di-amini- oleh HANYA individual

Burqa dilarang salah satunya karena salah satu ETIKA di Belanda adalah bisa melihat mata orang yang diajak bicara tersebut.

Dosen ak berpendapat, burqa adalah aturan moral orang tersebut, itu dipercayai oleh orang tersebut untuk dilakukan. Bagi individual tersebut, burqa adalah hal yang benar.

Ak ga tau, apakah melihat mata orang yg diajak bicara adalah etika dari negara ini, atau hanya moral vagi orang2 tertentu.

Tapi menurut ak, burqa adalah 'hak' dari orang tersebut. Tetapi apabila ada hak kita tertubruk etika dari negara yang kita tinggali, apa yg bisa kita lakukan?

Kenapa negara yang mengatakan 'bebas' ini, ternyata mempunyai aturan2 yang kadang tidak membebaskan penduduk, terutama orang asing :)

kekeekke update lebih lanjut nanti deh :p komen dan pendapat dipersilakan :D

2 comments:

dika said...

"Tetapi apabila ada hak kita tertubruk etika dari negara yang kita tinggali, apa yg bisa kita lakukan?"

pindah negara? *they have a EU passport anyway, it shouldn;t be difficult for them.. :p

pertanyaan selanjutnya: seberapa besar kesadaran moral akan mendorong mereka untuk bertindak?

this country doesn't force them to stay. it's a 'free' country afterall.. :p

*pingback, pengen posting tentang ini klo sempet :D

arif said...

Bebagai dalih untuk memberangus lawan, inikah yang namanya menjunjung tinggi hak azasi manusia ? padahal tidak mengganggu orang lain, berkacamata gelap apa boleh ??