Sunday, September 24, 2006

Selamat Berpuasa...

Alhamdullilah... memasuki puasa tahun ke 4 di negri Belanda :)

seperti biasa, awal puasa pun penuh dengan ketidak jelasan informasi kapan-harus-puasa, yang berakhir dengan hari pertama puasa untuk saya-dan- beberapa-teman dimulai hari sabtu.

Awal puasa juga diliputi dengan berita pembunuhan tembak mati para (katanya) pelaku poso. Dan juga masalah kata2 si paus yang tidak mengenakkan para pemeluk muslim, dan mulailah perdebatan yang tidak akan berakhir itu -agama-siapa-yang-salah- .

Enam bulan yg lalu, ketika balada-kartun-Muhammad terjadi dan gempar, saya menulis entry ini, intinya , saya berpendapat bahwa agama adalah hal yg irasional. Dan belum tentu apa yg km percaya akan bisa diterima oleh orang lain. Sayangnya, banyak orang yg mencoba merasionalkan agama agar bisa diterima oleh semua orang.

Kenapa orang harus meniadakan perbedaan? bukankah perbedaan yang membuat hidup kita lebih berwarna dan tidak membosankan?

Dalam satu agama saja, banyak aliran dan kepercayaan. Ketika saya mengetahui bahwa puasa hari sabtu (menurut orang turki dan ppme dari sumber yg saya dapat), saya mencoba memberi tahukan kepada teman2 muslim saya yg lain. Reaksinya beragam, ada yg ikut, ada yg tidak, dengan berbagai macam alasan. Pertamanya saya agak kesal, kenapa mereka tidak mau ikut berpuasa hari sabtu, karena menurut saya itu adalah hal yang benar, lalu saya coba menerima bahwa itu adalah hak mereka untuk ikut berpuasa pada hari sabtu ato tidak. :)

Akhirnya, saya cuman bisa mengucapkan... Selamat Berpuasa dengan Kepercayaan Masing-Masing :) ... mudah2an ibadah puasa di bulan Ramadhan ini diterima oleh Allah SWT. :)

No comments: