Tuesday, December 18, 2012

Keju Prancis

Peta Keju Prancis -246 jenis loh!


Sebagai seorang Indonesia tulen, kalau ada negara Eropa yg identik dengan keju yah Belanda :). 4 tahun tinggal disana, saya juga menjadi penggila keju, Keju Kambing Asap adalah salah satu  favorit saya. Saya tahu sih, Prancis juga terkenal dengan kejunya, tapi yah yg saya tau keju2 seperti keju Brie yang bau nyengit itu.

Setelah sampai disini,  ternyata, keju di Prancis itu ada 246 jenis keju loh, semua provinsi punya kejunya sendiri-sendiri sesuai dengan 'bakteri' yang tumbuh di provinsinya kali yah :D Intinya sih keju di Prancis lebih ke arah soft cheese atau jeune fromage, jadi teksturnya memang lebih lembek dibanding keju tua/keras /oud kaas seperti Gouda, etc.

Untuk penyajiannya, keju di Prancis disajikan sebagai bagian dari makan utama atau dessert. Kalau misal di Indo atau di Amerika, keju adalah bagian 'penyedap' untuk masakan lain (misalkan burger, sandwich) disini keju adalah 'bintang'nya dan roti hanya sebagai pelangkap.

Dalam satu piring disajikan beberapa jenis keju, dan orang bisa merasakan semua rasa dari keju2 tersebut, dengan atau tanpa roti. :)

Saya pernah berbincang dengan orang Prancis. " Saya baru sadar kalau di Prancis ada budaya makan keju,saya kira cuman di Belanda," dan dibalas dengan sindiran, " Oh ya, di Belanda memang punya keju yang enak yah?".

Satu pelajaran yang diambil dari sini, jangan pernah membandingkan 'kebanggan' budaya Prancis dengan negara lainnya, terutama dengan negara Anglo-Saxon. :D


Dan di musim dingin seperti ini, bermacam2 makanan dengan bahan baku keju muncul di mana-mana, hal ini bisa terlihat dari stand-stand makanan yang ada di pasar natal di setiap kota (Marche de Noel). Di Toulouse, sebagai ibu kota Midi-Pyrenes, ada makanan yg namanya Aligot, intinya sih kentang tumbuk, keju spesial ala Midi-Pyrenes diaduk2 jadi satu, enak dimakan ketika dingin2.

Fondue Cheese juga ada dimana-mana, keju dilelehkan di piring wajan panas, dimakan berbarang dengan kentang, jamur dan ham (bagi yg bisa makan) juga menggugah selera. Hmmm..  Saya suka musim dingin kalau begini terus, karena harga keju juga semakin murah.. Hehehehe..

Salah satu kunci makasan di Perancis itu yah memang, "selalu ambil bahan yang paling segar" dan itu juga berarti bahan produk yg mau dimakan sedang musimnya. Ini juga terbukti dengan flow makanan di kantin kampus saya, kalau di pasar sedang musim terong, maka masakannya akan sekitar di terong.Dan juga karena sekarang sedang musim keju, sebagai entre, keju juga mulai disajikan. :)

Saya juga pernah ditanya sama orang lokal sini :
" Kalau di negara kamu, keju lokalnya seperti apa?"
*lalu entah kenapa, bayangan yang muncul di saya adalah keju Kraft... hehehehehe*
Setelah dijelaskan oleh suami kalau negara kami tidak punya keju lokal, mereka kaget.
"Loh tapi bukannya kamu punya sapi yah.. lalu susu sapi-sapi itu diapakan?"
Kami hanya tertawa dan bilang, susu sapi itu yah hanya kami minum saja :)

Toh Indonesia tidak punya musim dingin dan juga berarti kita tidak harus mengawetkan makanan kan? :)
(karena keju dibuat oleh orang jaman dahulu untuk bahan makanan di musim dingin)


Tartiflete
Aligot















ps: pics all taken from google. thank you :)

No comments: